Konservasionis
nyengir aja duluuuu….baru mikir

Ratusan Warga Ancam Demo Tolak PT SBA

Jumat, 20 Nopember 2009 08:54:29
BINTUHAN, BE- Ratusan warga di 5 desa sudah menyatakan kesepakatan bulat untuk melakukan ancaman Demo ke Pemkab Kaur, jika pemerintah tak tanggap dengan aspirasi masyarakat Desa Wayhawang, Desa Suka Menanti, Desa Tanjung Agung, Desa Tanjung Baru dan Desa Tanjung Beringan.

Demo yang akan dilakukan ratusan warga tersebut merupakan penolakan terhadap penambangan Pasir Besi dikawasan Desa tersebut yang dilakukan oleh pihak PT Selomro Banyu Arto (SBA), akibat dari penambangan tersebut mengakibatkan sungai Numan sebagai mata pencaharian nelayan terhenti, oleh karena itu para tokoh masyarakat serta warga di 5 desa tersebut melakukan penolakan dan siap melakukan aspirasinya ke Pemkab Kaur dan DPRD.

Data terhimpun BE, kemarin malam Kamis (18/11) sekitar pukul 20.00 WIB para tokoh masayarakat, tokoh pemuda dan Agama serta ratusan warga berkumpul Didesa Suka Menanti.

petemuan tersebut juga dihadiri utusan WALHI Provinsi Bengkulu untuk mendukung aspirasi warga yang telah dirugikan oleh pihak PT yang melakukan penambangan dilingkungan warga, dalam pertemuan tersebut warga menyampaikan berbagai macam aspirasi untuk menolak PT tersebut beroprasi.

Pertama sekali Departemen Penerangan dan Penyuluhan Walhi Bengkulu Firmansyah mengatakan bahwa setelah melakukan Investigasi PT SBA telah menyalahi UU kehutanan PP 27 Tahun 1999, UU 11 Tahun 1967, UU Nomor 4 tAHUN 2009 tentang minerba ( mineral batu bara) pengganti UU No 11 tahun 1967 kemudian PT SBA juga melanggar UU No 41 tahun 1999 pasal 50 tentang setiap orang dilarang menebang pohon dengan radius 100 Meter dari tepi sungai, pantai, 50 meter dari tepi anak sungai 130 meter kali selisih pasang tertinggi dan pasang terendah, namun PT SBA menambang berarada tepat disungai numan Wayhayang danau Kembar tersebut, dan juga setelah melihat kandungan air di sekitar lingkungan masyarakat telah berubah total hal ini cukup membahayakan masyarakat.

kini tinggal masyarakat bagaimana selanjutnya, karena 8 perwakilan kemarin telah menghadap Wakil bupati namun belum mendapatkan solusi karena wabup juga menunggu Bupati. sehingga Walhi Bengkulu kini tinggal menunggu gerak masyarakat untuk melakukan aksi jika tidak ada keputusan yang bijak dari pemerintah ujar firman

Selanjutnya, Rafii tokoh masyarakat Suka Menanti setelah mendapat informasi hasil penelitian pihak WALHI maka masyarakat harus bersikap tegas terhadap PT SBA untuk tidak beroprasi kemabali, kini tinggal mengatakan untuk melakukan aksi yang lebih besar untuk datang bersama-sama kepada pemerintah untuk meminta kepada bupati dan DPRD untuk mencabut PT SBA tidak melakukan oprasi kembali, karena telah merugikan masyarakat setempat.

kita harus rapatkan barisan seluruh desa dikecamatan maje untuk menolak adanya tambang pasir besi, karena setiap adanya pertambangan bukan memihak rakyat justru mencikik secara pelan-pelan. walaupun kita dibayar ratusan juta namun tanah leluhur kita justru hilang dengan uang tersebut. hal ini cukuplah naif jika tanah leluhur kita sebagai mata pencaharaian tidak dipertahankan ujar Rafi’i

Hal senada juga Hasan Tokoh mayarakat Wayhawang mengatakan bahwa dalam permaslahan ini dibaratkan buaya Vs Cicak, karena masyarakat akan selalu dirugikan dan disengsarakan walapun bagaimana pun pertambangan dibuat tetap akan merugikan masyarakat.

sawah, percetakan batu bata, udang yang sehari-hari muncul di sungai numan. kini tidak bisa dinikmati kemabali akibat tergenang oleh PT SBA sehingga berapa kerugian yang ditanggung masyarakat, oleh karena itu kebijakan satu-satunya adalah melakukan aksi secara sopan untuk menentang PT SBA didesa ini.

kita meminta WALHI untuk membeck Up masyarakat desa, jangan sampai walhi hanya masuk angin saja. oleh karena itu kami butuh dukungan moril dari walhi untuk menyampaikan aspirasi ini ke penjabat-penjabat pemerintah, jangan masyarakat dibodoh-dibodohkan hanya dengan PT SBA tersebut ujar hasan

Sementara itu, walhi dan masyarakat akan melakukan rapat secara tertutup untuk melakukan langkah-langkah, agar PT tersebut ditutup. setelah melakukan pertemuan sekitar 500 warga dari 5 desa tersebut sepakat untuk melakukan aksi demo. namun kapan waktunya masih dalam tahap pembahasan. (823)

 

Belum Ada Tanggapan to “Ratusan Warga Ancam Demo Tolak PT SBA”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: